This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

'Aqidah imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah - Syi'ah

'Aqidah imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah serliblog.blogspot.com - Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah, maka nama beliau tidaklah asing bagi kalangan ulama2 Ahlus-Sunnah, baik bagi kalangan mutaqadimin maupun kalangan mutaakhirin. Beliau adlh salah seorang ulama besar Ahlus Sunnah, salah seorang imam Madzhab diantara 4 imam madzhab yg terkenal dan beliau -sebagaimana imam Al-Humaidi rahimahullah- adlh salah seorang diantara murid yg paling utama diantara murid2nya Imam Asy-Syafi’i rahimahullah, sekaligus beliau jg merupakan salah seorang murid dari 2 orang ulama Ahlus-Sunnah yg perkataannya telah dikutipkan sebelumnya di sini, yaitu imam Al-Humaidi rahimahullah dan Qutaibah bin Sa’id rahimahullah, sehingga tak heran jika dlm ‘Aqidah, maka imam Ahmad rahimahullah ni tak ada bedanya dgn imam Al-Humaidi rahimahullah dan Qutaibah bin Sa’id rahimahullah.
Diantara guru-gurunya yg lain yg masyhur adlh Sufyan bin ‘Uyainah rahimahullah dan jg Husyaim rahimahullah.
Sedangkan diantara murid2 beliau yg terkenal diantaranya adlh imam Al-Bukhari rahimahullah, imam Muslim rahimahullah, imam Abu Dawud rahimahullah, imam At-Tirmidzi rahimahullah, imam An-Nasa’i rahimahullah dan imam ibnu Majah rahimahullah, Abu Zur’ah rahimahullah (yang ‘Aqidahnya jg sudah dituliskan di sini) dan banyak sekali ulama2 Ahlus-Sunnah yg lainnya dari kalangan Ahli Hadits dan Ahli Fiqih. Kemudian, yg menarik adlh bahwa para ulama yg merupakan guru2 beliau, ternyata ikut pula menjadi murid beliau dan mengambil ilmu dari beliau, termasuk diantaranya adlh imam Asy-Syafi’i rahimahullah.
Meski sebenarnya keutamaan beliau diantara para ulama Ahlus-Sunnah yg lain sudah begitu masyhur dan tak perlu disampaikan lagi, tapi tak ada salahnya pula jika kemukakan di sini beberapa diantara pujian ulama2 Ahlus-Sunnah terhadap imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah ini.
Tentang Imam Ahmad rahimahullah, maka imam Asy-Syafi’i rahimahullah pernah mengatakan : خرجت من بغداد فما خلفت بها رجلا أفضل ولا أعلم ولا أفقه من أحمد بن حنبل Aku keluar dari Baghdad, maka tidaklah aku tinggalkan di sana seorang laki2 yg lebih utama, lebih berilmu dan lebih faqih daripada Ahmad bin Hanbal rahimahullah. (Tadzkiratul-Huffazh 2/16)
Ali bin Al-Madini rahimahullah mengatakan : إن الله أيد هذا الدين بأبي بكر الصديق يوم الردة وبأحمد بن حنبل يوم المحنة Sesungguhnya Allah telah menguatkan agama ni dgn Abu Bakar ash-Shidiq radhiyallaahu ‘anhu pd masa Riddah, dan Allah menguatkan agama ni dgn Ahmad bin Hanbal rahimahullah pd masa fitnah. (Tadzkiratul-Huffazh 2/16)
Abu Ubaid rahimahullah mengatakan : انتهى العلم إلى أربعة، أفقهم أحمد Ilmu ni ada pd 4 orang, dan Ahmad rahimahullah adlh yg paling faqih diantara mereka. (Tadzkiratul-Huffazh 2/16)
Abu Tsaur rahimahullah mengatakan : أحمد أعلم -أو قال: أفقه- من الثوري Ahmad rahimahullah lebih ‘alim daripada Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah -atau ia berkata : Ahmad rahimahullah lebih faqih daripada Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah. (Tadzkiratul-Huffazh 2/16)
Selanjutnya.... Berikut diantara perkataan imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah dlm beberapa perkara ‘Aqidah.....
1. Tentang Qadar
Imam Ahmad rahimahullah berkata : خيره وشره كتبه الله عز وجل على العباد Qadar baik dan buruk telah ditetapkan oleh Allah atas seorang hamba. (As-Sunnah - al-Khallal 3/545. Isnadnya shahih)
Dalam riwayat lainnya beliau rahimahullah mengatakan : الإيمان بالقدر خيره وشره ، والتصديق بالأحاديث فيه ، والإيمان بها ، لا يُقال لِـمَ ولا كيف ، إنما هو التصديق والإيمان بها ، Iman kepada qadar yg baik dan buruk, dan membenarkan hadits-hadits tentang masalah ini, beriman kepadanya, tak berkata Mengapa?, dan tak pula mengatakan :Bagaimana?, akan tetapi kita hanya membenarkan dan beriman dengannya. (Syarh Ushul As-Sunnah 1/4)

2. Tentang Iman
Imam Ahmad rahimahullah mengatakan : نحن نقول الايمان قول وعمل يزيد وينقص إذا زنى وشرب الخمر نقص إيمانه Kami mengatakan bahwa iman itu adlh ucapan dan perbuatan, (iman itu) bertambah dan berkurang. Apabila seseorang itu berzina / meminum khamr maka berkuranglah imannya. (As-Sunnah - ‘Abdullah bin imam Ahmad hal.507)

3. Tentang Allah dan ‘Arsy

Imam Ahmad rahimahullah mengatakan kepada orang2 Jahmiyyah : لم أنكرتم أن يكون الله على العرش وقد قال تعالى الرحمن على العرش استوى 5 طه وقال خلق السموات والأرض في ستة أيام ثم استوى على العرش Mengapakah kalian mengingkari bahwa Allah itu ada di atas ‘Arsy padahal Allah ta’ala telah berfirman : Yang Maha Pengasih yg istawa di atas ‘Arsy. Dan Dia jg berfirman : Dialah yg menciptakan langit dan bumi dlm enam masa. Kemudian Dia istawa di atas ´Arsy. (Ar-Radd ‘Alal-Jahmiyah hal.142)

4. Tentang sahabat-sahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam

Beliau rahimahullah mengatakan : السنة أن يفضل أبا بكر وعمر وعثمان وعلي من الخلفاء Termasuk as-Sunnah adlh mengutamakan Abu Bakar radhiyallaahu ‘anhu, ‘Umar radhiyallaahu ‘anhu, ‘Utsman radhiyallaahu ‘anhu dan ‘Ali radhiyallaahu ‘anhu dari kalangan Khalifah. (As-Sunnah - Al-Khallal 2/372. Isnadnya shahih)
Dalam riwayat lainnya, imam Ahmad rahimahullah mengatakan : وخير هذه الأمة بعد نبيها أبو بكر الصديق ، ثم عمر بن الخطاب ، ثم عثمان بن عفان ، نُـقـدّم هؤلاء الثلاثة كما قدمهم أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم ، لم يختلفوا في ذلك ، ثم بعد هؤلاء الثلاثة أصحاب الشورى الخمسة : علي بن أبي طالب ، وطلحة ، والزبير ، وعبدالرحمن بن عوف ، وسعد ، كلهم يصلح للخلافة ، وكلهم إمام Dan orang yg terbaik dari umat ni setelah Nabi shallalaahu ‘alaihi wa sallam adlh Abu Bakar ash-Shidiq radhiyallaahu ‘anhu, kemudian ‘Umar bin Al-Khathab radhiyallaahu ‘anhu, kemudian ‘Utsman bin ‘Affan radhiyallaahu ‘anhu. Kami mengutamakan ketiga sahabat radhiyallaahu ‘anhum ni sebagaimana sahabat2 Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam jg mendahulukan beliau bertiga radhiyallaahu ‘anhum. Mereka semua tidaklah berbeda pendapat dlm hal itu. Lalu setelah ketiga sahabat radhiyallaahu ‘anhum ni adlh 5 sahabat ashabusy-syura radhiyallaahu ‘anhum, yakni ‘Ali bin Abu Thalib radhiyallaahu ‘anhu, Thalhah radhiyallaahu ‘anhu, Az-Zubair bin Al-Awwam radhiyallaahu ‘anhu, ‘Abdurrahman bin ‘Auf radhiyallaahu ‘anhu, dan Sa’ad bin Abi Waqash radhiyallaahu ‘anhu. Semunya beliau radhiyallaahu ‘anhum ni memenuhi syarat untk menjadi seorang khalifah, dan beliau semuanya radhiyallaahu ‘anhum ni adlh para imam. (Syarh Ushul As-Sunnah 1/15)
Dalam riwayat lainnya dari Abu Bakar al-Marudzi rahimahullah : سمعت أبا عبدالله وذكر له أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال رحمهم الله أجمعين Aku mendengar Abu Abdullah (yakni imam Ahmad rahimahullah) saat disebutkan kepada beliau tentang sahabat2 Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, maka imam Ahmad rahimahullah berkata : Semoga Allah menyayangi mereka semuanya. (As-Sunnah - Al-Khallal 2/477. Isnadnya shahih)

4. Tentang Al-Quran adlh kalam Allah
Imam Ahmad rahimahullah mengatakan : والقرآن كلام الله، وليس بمخلوق Al-Quran adlh kalam Allah, dan bukan makhluk. (Syarh Ushul As-Sunnah 1/5)
Dalam riwayat lainnya, beliau rahimahullah jg mengatakan : وقد ذكر الله كلامه موضع من القرآن فسماه كلاما ولم يسمه خلقا قوله فتلقى آدم من ربه كلمات 27 البقرة وقال وقد كان فريق منهم يسمعون كلام الله .................... Sungguh Allah telah menyebutkan tentang kalam-Nya di berbagai tempat di dlm Al-Quran, dan Dia menyebutnya dgn kalam, dan tak menyebutnya makhluk. Dia berfirman : Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Rabb-nya., dan Dia jg berfirman : Padahal segolongan dari mereka mendengar kalam Allah........ (Ar-Radd ‘Alal-Jahmiyah hal.117-118)

5. Tentang melihat Allah kelak di akhirat
Imam Ahmad rahimahullah mengatakan : والأحاديث في أيدي أهل العلم عن النبي صلى الله عليه وسلم أن أهل الجنة يرون ربهم لا يختلف فيها أهل العلم Dan hadits2 dlm masalah ni yg ada pd para ulama dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam adlh bahwa para penduduk surga, mereka akan melihat kepada Rabb mereka. Dalam masalah ni para ahli ilmu tidaklah berbeda pendapat. (Ar-Radd ‘alal-Jahmiyyah hal.32)
Dalam riwayat lainnya, beliau rahimahullah mengatakan : والإيمان بالرؤية يوم القيامة ، كما روي عن النبي صلى الله عليه وسلم من الأحاديث الصحاح Dan beriman dgn perkara melihat Allah di hari kiamat kelak sebagaimana diriwayatkan dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dlm hadits2 yg shahih. (Syarh Ushul As-Sunnah 1/6)

0 Response to "'Aqidah imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah - Syi'ah"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *