This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Laporan (Pengertian, Fungsi, Manfaat, Ciri, Jenis) - Seni Budaya

serliblog.blogspot.com - Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ni dpt kami bagikan artikel tentang Laporan, meliputi Pengertian Laporan, Fungsi Laporan, Manfaat, Ciri-ciri Laporan, Jenis / Macam-macam laporan, Struktur dan langkah menyusun Laporan.

A. Pengertian Laporan

Pengertian Laporan adalah Pengertian laporan adlh bentuk penyajian fakta tentang suatu keadaan / suatu kegiatan, pd dasarnya fakta yg disajikan itu berkenaan dgn tanggung jawab yg ditugaskan kepada si pelapor. Fakta yg disajikan merupakan bahan / keterangan untk informasi yg dibutuhkan, berdasarkan keadaan objektif yg dialami sendiri oleh si pelapor (dilihat, didengar, / dirasakan sendiri) ketika si pelapor telah melakukan suatu kegiatan / pekerjaan.
B. Fungsi Laporan


  1. Sebagai bahan pertanggungjawaban
  2. Alat menyampaikan informasi
  3. Alat pengawasan
  4. Bahan penilaian
  5. Bahan pengambilan keputusan
C. Manfaat Laporan

  1. Dasar penentuan kebijakan.
  2. Bahan penyusunan rencana kegiatan berikutnya.
  3. Mengetahui perkembangan dan proses peningkatan kegiatan.
  4. Sebagai sumber informasi

D. Ciri-ciri Laporan

a. Ringkas.
Dalam laporan yg ditulis hanya mengemukakan hal-hal pokok secara ringkas yg berhubungan dgn tugasnya sehingga penerima laporan segera mengetahui permasalahannya. b. Lengkap.
Laporan dpt semakin sempurna jika dilengkapi dgn bibliografi / sumber kepustakaan. c. Logis.
Laporan dianggap logis jika keterangan yg dikemukakannya dpt ditelusuri alasan-alasannya yg masuk akal. d. Sistematis.
Laporan dianggap sistematik jika keterangan yamg tulisannya disusun dlm satuan-satuan yg berurutan dan saling berhubungan.

Hal-hal yg perlu diperhatikan dlm membuat laporan:
  1. Harus jelas dan cermat
  2. Mengandung kebenaran dan objektifitas
  3. Lengkap
  4. Tegas dan konsisten
  5. Langsung mengenai sasaran
  6. Disampaikan kepada orang dan alamat tujuan yg tepat
  7. Disertai dgn saran-saran
  8. Tepat waktu

E. Jenis-jenis laporan:
a. Laporan berdasarkan waktu

  1. Laporan berkala adlh laporan yg dibuat secara periodik / rutin dlm jangka waktu tertentu (laporan harian, mingguan, bulanan, / tahunan). Contoh : laporan kehadiran karyawan tiap bulan.
  2. Laporan insidental adlh laporan yg dibuat apabila diperlukan
b. Laporan berdasarkan bentuk
  1. Laporan berbentuk surat adlh laporan yg dibuat secara tertulis dlm bentuk surat, isinya antara satu sampai empat halaman. Contoh: laporan jumlah siswa yg keluar dari suatu sekolah
  2. Laporan berbentuk naskah adlh laporan disampaikan dlm bentuk naskah, baik naskah pendek maupun panjang. Contoh: laporan kegiatan kepanitiaan / notulen rapat.
  3. Laporan berbentuk memo adlh laporan yg ditulis menggunakan memo. Umumnya isi laporan pendek, untk keperluan intern dan dilakukan antar pejabat/pimpinan.
c. Laporan berdasarkan penyampaian
  1. Laporan lisan adlh laporan yg disampaikan secara langsung
  2. Laporan tertulis adlh contoh: surat, naskah dan memo
  3. Laporan visual adlh laporan yg disampaikan melalui penglihatan. Contoh: disampaikan melalui media presentasi (power point)
d. Laporan berdasarkan sifat
  1. Laporan biasa adlh laporan yg isinya bersifat biasa dan tak rahasia, sehingga jika laporan terbaca orang lain tak menimbulkan dampak negatif
  2. Laporan penting adlh laporan yg isinya bersifat penting dan rahasia, sehingga hanya orang tertentu saja yg boleh mengetahuinya.
e. Laporan berdasarkan isinya
  1. Laporan informatif adlh laporan yg isinya hanya berisi informasi saja
  2. Laporan rekomendasi adlh laporan yg isinya bersifat penilaian sekilas tanpa adanya pembahasan lebih lanjut
  3. Laporan analisa adlh laporan yg isinya berupa hasil analisa secara mendalam
  4. Laporan kelayakan adlh laporan yg isinya berisi tentang hasil penentuan kelayakan / pemilihan mana yg terbaik
  5. Laporan pertanggungjawaban adlh laporan yg berisi pertanggungjawaban tugas seseorang / kelompok kepada atasan yg memberi tugas tersebut.
F. Langkah-langkah membuat laporan
  1. Menentukan masalah yg akan dilaporkan
  2. Mengumpulkan bahan, data dan fakta
  3. Mengklasifikasi data
  4. Mengevaluasi dan mengolah data
  5. Membuat kerangka laporan
G. Struktur / Kerangka laporan terdiri dari:
A Pendahuluan
  1. Maksud dan tujuan penulisan laporan
  2. Masalah pokok yg dilaporkan
  3. Sistematika laporan
B Batang tubuh
  1. Data dan fakta pelaksanaan kegiatan
  2. Kesesuaian pelaksanaan dgn perencanaan
  3. Masalah yg terjadi
  4. Pembahasan masalah
C Penutup
  1. Kesimpulan, dan
  2. Saran

Referensi :
http://bald-gugungondrong.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-tujuan-manfaat-jenis-dan.html
http://seputarpengertian.blogspot.co.id/2015/02/seputar-pengertian-laporan.html


Demikian artikel tentang Laporan, meliputi Pengertian Laporan, Fungsi Laporan, Manfaat, Ciri-ciri Laporan, Jenis / Macam-macam laporan, Struktur dan langkah menyusun Laporan. Semoga bermanfaat...
|

other source : http://lintas.me, http://artikelmateri.blogspot.com, http://flickr.com

0 Response to "Laporan (Pengertian, Fungsi, Manfaat, Ciri, Jenis) - Seni Budaya"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *