This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Berita-Unik-Menarik] Apakah Siklus / Daur Oksigen Itu?

serliblog.blogspot.com - Pengertian Siklus / Daur Oksigen


Pertukaran oksigen terus-menerus yg terjadi antara atmosfer dgn air, tanaman dgn makhluk hidup dan bahan mineral disebut sebagai siklus / daur oksigen. Siklus / daur oksigen adlh salah satu siklus biogeokimia.
Isi:


Untuk Apakah Siklus Oksigen?


Siklus / Daur oksigen diperlukan oleh seluruh makhluk hidup karena dgn adanya gas bernama oksigen inilah kita dpt hidup. Dengan mengetahui bagaimana siklus / daur oksigen ni terjadi maka kita tentu dpt menjaga bumi kita ini. Contohnya jika kalian mengetahui siklus / daur oksigen sudah tentu kalian tak akan melakukan pembabatan hutan secara sembarangan!

Siklus Oksigen Dengan Pemanasan Global


Siklus / daur oksigen di dunia ni semakin lama semakin buruk. Hal tersebut terutama terjadi dikarenakan banyaknya kendaraan bermotor serta pembabatan hujan yg terjadi di sana - sini. Siklus / dauroksigen di dunia ni menjadi tak stabil sehingga terjadi pemanasan global di seluruh dunia.

Siapa Pemeran Penting dlm Siklus Oksigen?

Tanaman

Tanaman menandai awal dari siklus oksigen. Tanaman dpt menggunakan energi sinar matahari untk mengubah karbon dioksida dan air menjadi karbohidrat dan oksigen dlm proses yg disebut fotosintesis. Tanaman sendiri dpt menghasilkan 10 kali lebih banyak oksigen di siang hari dikarenakan mereka melakukan proses fotosintesis di siang hari menggunakan bantuan sinar matahari. Jika tanaman terus dibabat oleh manusia tentu siklus oksigen akan terganggu.

Air

Oksigen dlm air dikenal sebagai oksigen terlarut. Di dlm air jg terdapat siklus oksigen. Pada sebuah ekosistem yg sehat, tingkatan transfer oksigen ke dlm air dan penyerapan oksigen oleh organisme di dlm air berbanding lurus (stabil).

Organisme

Terakhir adlh organisme yg ada selain di air. Mereka menggunakan oksigen dlm berbagai bentuk. Peran mereka dlm siklus dimulai dgn karbon dioksida di atmosfer. Tanaman mengambil karbon dioksida dan menggabungkan dgn air untk membuat gula dan oksigen. Hewan dan manusia menghisap oksigen dan melepaskan karbon dioksida kembali. Lalu siklus oksigen dimulai kembali.


Bagaimana Mempertahankan Siklus Oksigen



Dengan banyaknya isu global warming yg terjadi di dunia ni maka sudah tentu sekarang saatnya untk mulai mempertahankan keberlangsungan siklus oksigen. Beberapa caranya adlh dgn menambah jumlah tanaman, menggunakan sistem tebang pilih tanam, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, dsb.

Visualisasi Siklus / Daur Oksigen


Apakah Siklus / Daur Oksigen Itu?

other source : http://tempo.co, http://ayeey.com, http://dailymotion.com

0 Response to "[Berita-Unik-Menarik] Apakah Siklus / Daur Oksigen Itu?"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *