This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Yamaha] Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z

serliblog.blogspot.com - Review Honda Sonic 150R: Test Ride, Handling, Ergonomi, Spesifikasi - Honda Sonic 150R resmi diluncurkan oleh PT AHM pd Agustus 2015. Kehadiran Sonic 150R kali ni boleh disebut reborn-nya motor Sonic sebelumnya yg pernah dipasarkan pd tahun 2008 silam dgn kapasitas 125cc. Berbeda dgn versi lawasnya, produksi terbaru Sonic 150R ni sudah mengalami upgrade hampir di semua bagian, mulai dari tampilan, mesin, hingga fitur-fiturnya.
Fitur Honda Sonic 150R
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
Honda Sonic 150R
Berbeda dgn versi lawasnya yg bermesin karburator, Sonic 150R terbaru 2015 dibekali dgn mesin injeksi PGM-Fi yg diklaim punya pembakaran lebih hemat. Melalui pengujian internal AHM didapati komsumsi BBM Honda Sonic 150R mencapai 40,9 km hingga 45,35 km per-liter dgn metode pengujian ECE-R40 Euro-3 dan Euro-2.
Menengok segi tampilan masih mewarisi konsep motor bebek underbone ala ayam jago dgn batok "New Sharp Led Headlight" nya yg punya pencahayaan lebih baik serta efisien. Baik lampu utama maupun lampu senja sudah sama-sama LED.

Secara keseluruhan, PT AHM membekali Honda Sonic 150R dgn tampilan stylish & sporty. Bagian bodi samping dipercantik dgn shroud samping plug n play.
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
Bergeser ke tampilan dashboard jg nampak elegan dan futuristik dgn panel indikator serba digital. Informasi yg tersedia jg sangat detil. Ada speedometer, tachometer, oddometer, tripmeter, injection status, dll. Bentuknya tak terlalu besar tapi penempatan yg tersusun rapi memudahkan pengendara melihat sebagian besar informasi di waktu yg bersamaan.

Fitur kunci kontak Pengaman 'Auto Secure Key Shutter' jg sudah ditambahkan ke Honda Sonic 150R untk meminimalisir pencurian motor. Tidak tersedia kontak untk membuka jok bagasi seperti matic Honda lainnya. Oh ya, Honda Sonic 150R tak ada space bagasi bro.. Buka jok, dalamnya hanya tangki bensin dan filter udara saja. Dalam hal ni mungkin kalah unggul dari Suzuki Satria FU150 / Kawasaki Athlete.
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
Sudut setang agak membungkuk dgn aplikasi setang jepit clip on handlebar. Dari segi kestabilan cocok dikemudikan di kecepatan tinggi. Dengan ditunjang sasis model perimeter frame menjamin manuver Honda Sonic 150R lebih gesit untk dibawa berbelok-belok.

Di sektor kaki-kaki, Honda Sonic 150R sudah dibekali dgn velg palang serta ban tubeless. Sedangkan suspensinya memakai jenis monoshock tunggal. Bagian pengeremannya sudah memakai double disc brake (depan-belakang). Diameter cakram depan jg diklaim punya ukuran paling besar dibanding kompetitornya. Secara sekilas desain cakram memang terlihat sederhana, dari segi fungsional lebih baik untk melepas panas dgn cepat. Diameter cakram Honda Sonic berukuran 296 mm. Ukurannya bahkan lebih besar dari Honda CB150R yg berukuran 267 mm.

Fitur pendingin Honda Sonic 150R sudah mengandalkan raiator cair. Mirip dgn CBR150R yg jg dilengkapi dgn auto fan. Kipas ni akan baru akan menyala saat kondisi mesin mencapai diatas 100 derajat sehingga mencegah mesin overheat saat kondisi jalan sedang ekstrim.
Bedah Keistimewaan Mesin Honda Sonic 150R & Sistem Injeksinya
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
mesin Honda Sonic 150R
Sedikit mengintip jeroan mesin Honda Sonic 150R dan CB150R yg diluncurkan bersamaan adlh generasi terbaru dari pengembangan mesin DOHC oleh AHM. Mesin Honda Sonic 150R dirancang dgn posisi klep tegak dgn konfigurasi klep hisap 16 derajat serta klep buang 14 derajat. Kombinasi ni memang menghasilkan kompresi tinggi hingga 11,3:1 tapi jg membuat saluran hisap-buang bekerja lebih efisien dan bertenaga.

Power besar disokong lagi dgn cara kerja radiator yg lebih sempurna. Sistem pendinginannya tak lagi memakai selang panjang melainkan terintegrasi di dalam. Perhitungan cermat lain yg dilakukan adlh derajat posisi mesin yg dibuat 40 derajat dgn maksud untk memperpendek jarak dari filter hingga dapur pacu. Efeknya pasokan udara jadi lebih cepat. Torsi pun lebih mudah diraih.

Dinding silinder berjenis offset mampu meminimalisir friksi dgn piston yg berbahan spiny sleeve dgn lapisan molibdenum. Bahannya tak kalah dgn DiAsil Cylinder dan Forged Piston yg dipakai oleh Yamaha Jupiter MX King.

Mesin Honda Sonic 150R jg mengaplikasikan roller rocker arm, mirip dgn Honda CBR250R. Cara kerja mesin tak membuat camshaft menekan klep secara langsung, melainkan dari rocker arm.

Di bagian pengapian dan magnet jg tak luput dari penyempurnaan. Bagian sepul nya memakai inti elektromagnet bukan plate steel seperti mesin DOHC CB150R versi lawas / sejenisnya. Model sepul ni lebih efisien cara kerjanya. Dengan induksi yg lebih kecil mampu menghasilkan besaran listrik yg sama. Efeknya putaran mesin lebih enteng.
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
mesin Honda Sonic 150R
Memperhatikan lebih detil lagi, penerapan balancer uniaxial, helica gear membuat vibrasi mesin lebih halus, suara pun lebih adem serta halus terhadap hentakan mesin saat pengoperan gigi. Untuk menyempurnakan vibrasi mesin, material crank journal bush dibuat lebih tebal. Saat pemuaian mesin terjadi, laher tetap kencang sehingga getaran mesin kasar yg terkadang terjadi saat mesin panas dpt diminimalisir semaksimal mungkin.

Di bagian sistem injeksinya sudah otomatis dgn adanya IACV (idle air control valve) sehingga stasioner mesin tak perlu disetting lagi secara manual dgn obeng min seperti mesin DOHC dari CB150R maupun CBR150R sebelumnya. Secara keseluruhan sensor injeksi Honda Sonic 150R memiliki 7 parameter, antara lain:

  • IAT (untuk membaca suhu udara)
  • TP (sebagai sensor buka tutup gas)
  • MAP (sebagai sensor tekanan udara di throttle body)
  • BAS (sebagai sensor derajat kemiringan motor)
  • CKP (sensor posisi piston)
  • ECT (sensor pemberi informasi status temperatur mesin)
  • 02 sensor (untuk membaca hasil pembakaran melalui knalpot)

Ketujuh sensor injeksi tersebut diatur oleh ECM (engine control module) yg mengatur buka tutup semprotan bahan bakar.
Honda Sonic 150R dan Efisiensi Oli Mesin Dengan adanya penyempurnaan di banyak poin diatas, PT AHM pun mengklaim mesin Honda Sonic 150R mampu mengefisienkan ketahanan oli yg dipakai. Menurut Sriyono dari Technical Service Department dari PT AHM menyebutkan durability oli bakal lebih awet 2x lipat dibanding motor Honda lain. Menurut klaimnya, masa pemakaian oli di Honda Sonic 150R mencapai 6000 km! Hal ni bisa menghemat pengeluaran terhadap oli mesin. Meskipun ada baiknya pemilik kendaraan bermotor tetap mengecek ketinggian oli mesin serta menambahkannya jika ada kekurangan. Konsumsi BBM Honda Sonic 150R: Perbedaan Euro-3 dan Euro-2
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
PT AHM mengklaim konsumsi BBM Honda Sonic 150R mencapai 40,90 km/liter dgn metode ECE-R40 (EURO-3) dan 45,35 km/liter dgn metode ECE-R40 (EURO-2). Apa bedanya? Mengapa salah satu bisa lebih irit dari yg lainnya?
Seperti yg dijelaskan sebelumnya, metode pengujian yg dilakukan oleh pabrikan menggunakan standar ECE-R40. Pengujian EURO-2 memasukkan gaya berkendara yg berbeda dan fluktuatif. Mengkombinasikan buta tutup gas ringan, betot gas, deleserasi, menahan gas di kecepatan konstan, main di rpm rendah, bertahan di rpm tinggi dan banyak lagi dgn jumlah keseluruhan ada 18 steps parameter yg diujikan.
Sedangkan pd pengujian EURO-3 memasukkan semua parameter pengujian diatas dgn tambahan test EUDC (Extra Urban Driving Cycle). Proses pengetesan dgn tambahan 400 detik dgn urutan siklus naik-steady-turun di kecepatan yg berbeda mulai dari 0 - 90 km/jam. Test Ride Honda Sonic 150R
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
Pertama menjajal unit Honda Sonic 150R saat launching di JIEXPO, sensasi pertama saat naik diatas motor ni terasa pendek. Bagi rider dgn tinggi badan kurang dari 170 cm pun sepertinya tak kesulitan untk menapak ke tanah. Ketinggian jok dari tanah tak sampai 80 cm! Gaya berkendara termasuk membungkuk, khas motor ayago. Posisi footstep depan tak terlalu menekuk kebelakang. Hampir mirip dgn motor bebek biasa.

Bentuk bodi dan setang jepit yg menyempit membuat feel menaiki motor terasa kecil dan sempit. Untuk kestabilan di kecepatan tinggi perlu diuji lagi. Namun, rampingnya Sonic 150R memiliki keuntungan lain untk bermanuver / melewati celah, dsb. Apalagi bagi yg tinggal di perkotaan.

Mencoba masuk ke gigi 1, putar gas sedikit saja laju motor sangat ringan. Torsi motor di putaran 1000-5000 nya termasuk sangar. Tapi nafas per-gear tak terlalu panjang. Untuk gigi-6 nya cukup panjang. Tapi untk top speed belum bisa dicapai dgn keterbatasan lintasan. Dari hasil pengujian yg dilakukan, kecepatan maksimal di gigi-3 mencapai 80 km / jam dgn jarum mentok limiter.

Bertemu tikungan di lapangan tester dgn cone zig-zag pun motor masih nurut untk diajak berbelok-belok. Redaman suspensinya sangat empuk tapi tetap stabil di tikungan. Jarak wheelbase Honda Sonic 150R yg pendek dgn rangka ringan banyak berpengaruh disini.

Meskipun mesinnya sama dgn CB150R, tapi settingan ECM dan rasio gear membuat power Honda Sonic 150R sama sekali berbeda dgn CB150R.
Spesifikasi Honda Sonic 150 Honda Sonic 150R dibekali dgn arsitektur mesin oversquare dgn kombinasi bore x stroke piston 57,3 mm x 57,8 mm. Settingan injeksi lengkap dgn throttle body 30mm serta injektor 8 lubang close loop. Lingkar tapak ban mengkombinasikan velg lebar 1,85 x 17" dan 2,15 x 17" dgn ban IRC NR92 berukuran 70/90-17 dan 80/90-17 berkompon lunak.
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
spesifikasi Honda Sonic 150R
Gambar Honda Sonic 150R
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z

Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z

Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
gambar Honda Sonic 150R
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
Honda Sonic 150R vs New CB150R vs CB150R Street Fire Ketiga motor diatas sama-sama menggendong mesin yg sama. Tapi upgrade di bagian mesin ternyata berpengaruh pd performa masing-masing motor saat diujikan diatas mesin Dynotest. Dari hasil pengujian yg dilakukan oleh modifikator Sena Ponda didapati New Honda Sonic 150R masih unggul performa dibandingkan Honda CB150R Streetfire. Berikut adlh tabel dynotest perbandingan Honda Sonic 150R vs New CB150R vs CB150 Streetfire
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
Harga Honda Sonic 150R dan Pilihan Warna Honda Sonic 150R dipasarkan dgn 4 pilihan warna, yaitu Spartan Black, Active White, Neo Magenta, dan Energetic Red. Dengan tersedianya warna pink magenta, PT AHM memang menargetkan bebek sport ni bisa diterima oleh semua golongan, baik pria maupun wanita. Harga New Sonic 150R terbaru 2015 dibanderol Rp. 20.900.000; OTR Jakarta.
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z
Video Honda Sonic 150R
Berikut adlh teaser video Honda Sonic 150R rilisan dari PT Astra Honda Motor

0 Response to "[Yamaha] Review Honda Sonic 150R LENGKAP! A-Z"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *