This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Omelete Sandwich a la Said - Intermezo

Omelete Sandwich a la Said
serliblog.blogspot.com - Makanan apa yg akan terlintas di benak anda saat lapar melanda tapi tak ingin menghabiskan waktu terlalu lama di dapur? Oke, mungkin anda bisa menyebutkan puluhan makanan / bahkan ratusan, tapi bagi saya maka omelet lah yg akan langsung terlintas jika dilanda kondisi desperate seperti itu. Mudah, cepat, lezat dan anda bisa menciptakan ratusan resep omelet dlm sekejap. Omelet sosis, omelet sayuran, omelet ayam suwir, omelet daging cincang, omelet keju, dan omelet lainnya dan omelet lainnya. Kreatifitas yg tak terbatas.

Entah mengapa telur dadar berisi aneka bahan di dalamnya ni membuat saya selalu tergila-gila. Tapi itu tak mengherankan, karena hampir sebagian besar orang Indonesia menyukai telur, dlm bentuk apapun. Rebus / goreng tak menjadi masalah dan kita menyantapnya dlm aneka masakan. Tapi di antara itu semua, bagi saya maka omelet menduduki tempat teratas. Disantap begitu saja lezat, bersama nasi tentu saja lebih mantap, bagaimana jika menjadi pengisi sandwich? Hmm, yg satu ni perlu anda coba. Yummy! ^_^

Omelete Sandwich a la SaidOmelete Sandwich a la Said
Sudah tak terhitung banyaknya saya membuat omelet, variasi bumbunya pun bermacam-macam. Terkadang hanya simple bumbu seperti bawang putih, garam dan merica, / jika saya ingin versi yg lebih eksotik maka bubuk kari terkadang saya cemplungkan jg ke dalamnya. Untuk omelet kali ni saya menggunakan resep Timur Tengah a la teman saya, Said. Apalagi jika bukan menggunakan bubuk kunyit dan pasta tomat. Kedua bahan ni selalu dimasukkan ke dlm tiap masakan a la Persia yg dimasak Said. Tapi ketika omelet pun menggunakan bumbu yg sama tetap saja terasa aneh bagi saya. Bubuk kunyit di omelet? "Are you joking or what"? Seru saya waktu itu. Tapi ketika sepiring omelet tersaji di depan muka dan mulut saya penuh dgn potongan telur dadar yg hangat maka pendapat saya hanya satu, "Enak jg ya." Dan sejak saat itu resep inilah yg selalu saya gunakan ketika membuat omelet karena menurut saya rasanya menjadi lebih gurih, tasty dan bau amis pd telur pun berkurang.

Untuk omelet kali ini, saya menggunakan aneka sayuran yg ada di kulkas. Anda bisa menggantinya sesuai dgn persediaan bahan yg anda miliki. Jika komposisi bahan yg saya gunakan terasa aneh maka percayalah, tak ada aturan pakem untk membuat seporsi omelet karena telur dadar campur aduk ni membuka kesempatan bagi anda untk memanfaatkan apapun yg ada. Bahkan terkadang sisa sup ayam dgn sayuran pun sering saya masukkan ke dlm kocokan telur, tentu saja setelah kuah sup-nya saya sisihkan terlebih dahulu. Jadi masuklah dua buah cabai hijau, tomat, jamur, terung beku di kulkas, sedikit udang bersama aneka bumbu dan bahan lainnya. Goreng di pan sebentar dan tak memakan waktu lama seporsi omelet lezat tersaji di dapur.

Omelete Sandwich a la Said
Walau disantap begitu saja lezat dan cukup mengenyangkan, tapi ternyata omelet jg mantap sebagai pengisi sandwich. Berkolaborasi dgn irisan tomat segar, ketimun dan setangkup roti tawar gandum / roti burger membuatnya menjadi makanan sehat dan mengenyangkan. Sebagai bekal makan siang di kantor pun nendang. Tentu saja akan terasa lebih lezat lagi jika anda memiliki yogurt untk dioleskan ke roti sebagai pengganti saus mayonaise. Rasa asam yogurt mampu membuat sandwich terasa segar dan tak eneg. Jangan heran jika setangkup sandwich terasa kurang dan dgn antusias anda akan meraih potongan berikutnya. Sayangnya untk sandwich kali ni saya tak memiliki persedian yogurt di kulkas, tapi jangan khawatir resep saus yogurt tetap saya sertakan di bawah jadi jika anda ingin merasakan sandwich dgn saus yogurt maka anda bisa mempraktekkannya di rumah.

So, berikut resep dan proses pembuatannya ya.

Omelete Sandwich a la Said
Omelete Sandwich a la Said Resep diadaptasikan dari Said Z.
Untuk 2 porsi
Tertarik dgn resep sandwich dan omelet lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Omelet Nasi Bumbu Kari
Omelet Roti
Bayam & Tuna Fritata
Bahan: - 8 lembar roti gandum / 4 tangkup roti burger - 1 buah ketimun, kupas dan potong melintang tipis - 1 buah tomat, potong melintang tipis
Bahan omelet: - 1/2 butir bawang bombay ukuran sedang, rajang kotak kecil
- 4 siung bawang putih, cincang halus - 1/4 sendok teh kunyit bubuk
- 2 buah cabai hijau besar, belah dua memanjang, buang bijinya dan rajang halus
- 1 buah jamur king oyster / 5 buah jamur champignon, rajang kotak kecil - 1/2 buah terung, rajang kotak kecil - 1 buah tomat merah, rajang kotak kecil - 2 sendok teh pasta tomat / saus tomat
- 5 buah udang kupas kulitnya, cincang kasar (optional) - 5 sendok makan susu cair (optional) - 4 butir telur - 1/2 sendok teh garam - 1/2 sendok teh merica bubuk - minyak untk menggoreng

Saus yogurt, aduk jadi satu:
- 3 sendok makan yogurt tawar (plain yogurt)
- seujung kuku garam
- 1 sendok makan minyak zaitun
- 1 sendok makan air perasan jeruk nipis
- 1 siung bawang putih, parut / cincang halus
- seujung kuku oregano / Italian seasonings (optional)

Cara membuat:

Omelete Sandwich a la Said
Kocok lepas telur dgn menggunakan garpu, tambahkan garam dan merica bubuk, aduk hingga rata. Sisihkan.
Siapkan wajan datar anti lengket / panci anti lengket, masukkan sekitar 5 sendok makan minyak goreng. Panaskan dan tumis bawang bombay hingga harum dan berubah warnanya menjadi karamel. Tambahkan bawang putih dan tumis hingga bawang putih harum dan matang.
Tambahkan kunyit bubuk, tumis hingga tercium bau harum. Tambahkan cabai hijau, jamur dan terung, aduk dan tumis hingga jamur dan terung matang dan layu. Masukkan tomat, aduk rata dan masak hingga tomat matang dan layu.

Tips: Menumis kunyit bubuk di minyak panas akan membuat kunyit matang dan berbau lebih harum.

Omelete Sandwich a la Said
Tambahkan udang cincang, aduk dan tumis hingga udang berubah warnanya menjadi putih pucat dan tak transparan lagi. Aduk rata dan tuangkan susu cair, aduk dan masak hingga tumisan mendidih.

Omelete Sandwich a la SaidOmelete Sandwich a la Said
Tuangkan kocokan telur merata diseluruh permukaan tumisan, goyangkan wajan/panci sehingga telur menutupi seluruh permukaan tumisan. Masak dgn api kecil hingga bagian bawah omelet matang. Menggunakan ujung spatula bagi telur menjadi 4 bagian dan balikkan masing-masing bagian dan masak sisi baliknya hingga matang. Cara ni memudahkan kita untk membalikkan sisi omelet. Balikkan omelet dan masak sisi sebaliknya. Tidak masalah jika omelet yg dihasilkan tak mulus.

Omelete Sandwich a la Said
Siapkan semua bahan sandwich. Olesi permukaan dua potong roti tawar / roti burger dgn saus yogurt. Letakkan sepotong roti di permukaan piring, tata irisan tomat dan ketimun di atasnya. Tumpukkan potongan omelet di permukaan tomat dan ketimun, banyaknya omelet tergantung dari selera anda masing-masing. Kemudian tumpukkan sepotong roti tawar di atas omelet. Tekan sandwich dgn telapak anda perlahan hingga semua bahan memadat dan sandwich kompak menyatu.

Potong sandwich menjadi dua bagian dan siap disantap. Yummy!

other source : http://imgur.com, http://justtryandtaste.com, http://youtube.com

0 Response to "Omelete Sandwich a la Said - Intermezo"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *