This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Manfaat Hebat Daun Pandan Yang Terlupakan - KESEHATAN

Manfaat Hebat Daun Pandan Yang Terlupakan
serliblog.blogspot.com - image: physalisfruit.com
Memang cukup wangi akan aroma khas yg dimiliki oleh daun pandan ini. Sehingga jenis tumbuhan monokotil tersebut jg kerap sekali dikenal dgn nama pandan wangi. Bahkan jenis dedaunan ajaib ni menjadi salah satu komponen penting dari berbagai jenis menu masakan yg ada, terutama di daerah nusantara. Untuk tanaman pandan wangi itu sendiri, biasanya mudah ditemukan di daerah pekarangan dan bisa tumbuh dgn subur di tempat-tempat teduh.
Cukup banyak manfaat yg terkandung di dlm daun pandan. Selain untk menambah aroma pd makanan, daun pandan jg terdapat beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga tak salah bila banyak orang yg menjadikan daun pandan sebagai obat alami, Yang mana bisa mengatasi berbagai macam gangguan yg terdapat dlm tubuh. Dimana kandungan yg ada di dlm tanaman pandan jg cukup kompleks, diantaranya saponin, flavonoid, tannin, polifenol, tonikum, dan lainnya.
Sehinngga daun pandan wangi bisa diolah menjadi ramuan tradisional, Yang mampu menanggulangi akan berbagai penyakit dlm tubuh. Dan inilah ragam manfaat daun pandan untk kesehatan tubuh, yg sempat kita lewatkan.
1. Mengatasi Insomnia
Dengan menggunakan daun pandan wangi sebagai campuran / komponen ke dlm minuman layaknya kolak / lainnya, maka akan mampu mengatasi masalah insomnia. Yang mana insomnia ni memang sangat mengganggu bagi kesehatan tubuh, baik itu dlm jangka panjang maupun jangka pendek. Bahkan rasa resah karena hadirnya insomnia ini, memang menjadi benalu dlm menjalani rutinitas keseharian yg ada. Oleh karena itu, menggunakan daun pandan wangi, bisa untk dijadikan obat mengatasi insomnia.
2. Menurunkan Tekanan Darah
Memang tekanan darah yg tinggi akan sangat berbahaya, dan memicu berbagai penyakit lain bisa timbul dlm tubuh. Dan daun pandan wangi ini, bisa anda gunakan ramuan untk menurunkan tekanan darah dlm tubuh. Caranya yakni, anda bisa menyediakan daun pandan secukupnya, kemudian rebuslah daun pandan tersebut dgn dua gelas air. Selanjutnya tunggu hingga air tersisa satu gelas, kemudian minumlah ramuan tersebut selama dua kali sehari. Yakni setengah gelas di pagi hari, dan setengahnya lagi di waktu sore secara rutin dan teratur.
3. Sebagai Obat Penenang
Mengkonsumsi ramuan dari daun pandan ini, jg bisa mengurangi rasa gelisah, dan bisa sebagai penenang tidur. Sehingga anda bisa mengkonsumsinya bilamana dirasa diri anda dlm kondisi kurang tenang karena banyak pikiran / sebab lainnya. Caranya, sediakan daun pandan sebanyak dua lembar, kemudian irislah daun tersebut menjadi ukuran kecil. Setelah itu seduhlah dgn segelas air panas. Alangkah baiknya bila seduhan daun pandan ini, diminum secara rutin dan teratur, Agar lebih terasa khasiat yg terdapat di dalamnya.
4. Mengatasi Rematik / Pegal Linu
Biasanya rematik ni diderita oleh orang yg sudah berusia lanjut. Akan tetapi tak sedikit orang muda mengalami nyeri encok / pegal linu. Oleh karena itu, daun pandan bisa jg anda manfaatkan untk mengatasi permasalahan umum ini. Caranya pun jg cukup mudah, yakni untk langkah pertama hendaknya anda bisa menyiapkan tiga lembar daun pandan segar, kemudian irislah daun tersebut sampai berukuran kecil. Lalu campurkan dgn minyak kelapa sebanyak setengah cangkir yg sudah dipanaskan terlebih dahulu. Selanjutnya diamkan untk beberapa saat. Bila sudah dingin, anda bisa langsung mengoleskan dan menggosokkan ramuan yg sudah dibuat tadi pd bagian tubuh yg terkena rematik / nyeri encok.
5. Menambah Nafsu Makan
Nafsu / selera makan yg berkurang, memang kerap sekali memicu akan timbulnya berbagai penyakit yg ada bila tak segera diatasi. Yang mana memang asupan vitamain dan mineral yg dibutuhkan oleh tubuh haruslah tercukupi. Sehingga untk mengembalikan nafsu makan tersebut, anda bisa mengolah daun pandan sebagai ramuan alami penambah nafsu makan. Cara untk membuatnya yakni, sediakan daun pandan sebanyak 10 gram, lalu rebus dgn menggunakan tiga gelas air panas, kemudian tunggu hingga tersisa satu gelas. Barulah minum dua kali sehari secara teratur. Sehingga nafsu makan bisa bertambah dan asupan yg dibutuhkan tubuh pun bisa terpenuhi.
6. Mengatasi Lemah Saraf
Dimana terjadinya lemah saraf ni karena kekurangan rangsangan saraf yg terdapat pd bagian tubuh. Sehingga hal tersebut biasa minumbulkan masalah ‘’kram’’. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan daun pandan wangi sebagai bahan alaminya. Cara untk penyajiannya pun jg cukup mudah, yakni siapkan terlebih dahulu daun pandan secukupnya, kemudian jadikanlah daun tersebut menjadi ukuran kecil-kecil. Kemudian rebus potongan daun tersebut dgn tiga gelas air, lalu tunggu hingga tersisa menjadi dua gelas. Dan ingat, pisahkanlah ampas dan air hasil rebusan tersebut, kemudian minumlah air daun pandan yg sudah di saring tersebut secara rutin pagi dan sore. Sehingga kondisi lemah saraf tersebut bisa ditanggulangi secara efektif dan alami.
7. Menghilangkan Panu
Terjadinya penyakit kulit yakni panu, memang kerap sekali dialami bagi kebanyakan orang. Panu, merupakan salah satu penyakit disebabkan oleh jamur yg tubuh di bagian kulit. Dengan menggunakan daun pandan, maka panu bisa tertanggulangi secara aman dan alami. Caranya jg cukup mudah, yakni sediakan terlebih dahulu segenggam daun pandan segar, lalu peras dan ambil air perasannya. Kemudian campurkan perasan tadi dgn garam, lalu minumlah air hasil perasan tersebut selama tiga hari dgn rutin dan teratur. Dengan menerapkan tips tersebut, Maka panu yg merusak kesehatan kulit anda akan teratasi.
8. Mengatasi Permasalahan Rambut Rontok
Untuk mengatasi rambut rontok , anda jg bisa menggunakan daun pandan wangi sebagai bahan alaminya. Langkah untk menerapkan jg mudah, yakni siapkan daun pandan sebanyak satu genggam / beberapa helai, kemudian haluskan daun tersebut / jadikanlah jus. Setelah itu, Oleskan jus daun pandan tersebut pd bagian rambut hingga merata. Diamkan selama satu sampai dua jam, kemudian bilaslah rambut anda hingga bersih. Hendaknya anda bisa melakukan cara sederhana ni pd tiap pagi hari. Sehingga rambut rontok yg terjadi, bisa tertangani secara alami.
9. Mengatasi Rambut Gatal Karena Ketombe
Bilamana rambut terasa gatal / panas yg kerap disebabkan oleh adanya ketombe, maka anda bisa menumpas rasa gatal dan ketombe di rambut dgn menggunakan daun pandan wangi. Untuk langkahnya, terlebih dahulu anda siapkan daun pandan sebanyak 10 helai. Kemudian tumbuklah daun tersebut hingga halus, lalu tambahkanlah sedikit air / secukupnya. Selanjutnya barulah anda usapkan campuran ramuan tadi pd bagian rambut hingga merata. Dan lakukanlah treatment ni sebelum keramas, Sehingga rasa gatal dan ketombe di rambut bisa segera tersingkirkan. Selamat mencoba.....!!!!

other source : http://arbamedia.com, http://slideshare.net, http://google.com

0 Response to "Manfaat Hebat Daun Pandan Yang Terlupakan - KESEHATAN"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *